Wednesday, December 30, 2009

Posted by blognya ratno

Filsafat dalam bahasa Inggris, yaitu : Philosophy, adapun istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani : philosophia yang terdiri atas dua kata : philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan sophos ( ('hikma', kebijakan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, intelejensi). Jadi, secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran (love of wisdom). Orangnya disebut filosof yang dalam bahasa arab disebut failasuf.


Harun Nasution mengatakan bahwa kata filsafat berasal dari bahasa Arab falsafa dengan wazan (timbangan) fa'ala dan fi'lal. Dengan demikian, menurut Harun Nasution, kata benda dari falsafa seharusnya falsafah dan filaf, padahal dalam bahasa Indonesia banyak terpakai kata filsafat, padahal bukan berasal dari bahasa Arab falsafah dan bukan dari bahasa Inggris philosophy. Harun Nasution mempertanyakan apakah kata fil berasal dari bahasa Inggris dan safa di ambil dari kata Arab, sehingga terjadilah gabungan keduanya, yang kemudian menimbulkan kata filsafat?.

Harun Nasution berpendapat bahwa istilah filsafat berasal dari bahasa Arab karena orang Arab lebih dulu datang dan sekaligus mempengaruhi bahasa Indonesia daripada orang dan bahasa Inggris. Oleh karena itu, dia konsisten menggunakan kata falsafat, bukan filsafat. Buku-bukunya mengenai "filsafat" ditulis dengan falsafat, seperti Falsafat Agama dan Falsafat Mistsisme dalam Islam.

kendati istilah filsafat yang lebih tepat adalah falsafat yang berasal dari bahasa Arab, kata filsafat sebenarnya bisa diterima dalam bahasa Indonesia. Sebab, sebagian kata Arab yang di Indonesiakan mengalami perubahan dalam huruf vokalnya, seperti masjid menjadi mesjid dan karamah menjadi keramat. karena itu, perubahan huruf a mejadi i dalam kata falsafah bisa ditolelir. lagi pula, dalam Kaus Besar Bahasa Indonesia, kata filsafat menunjukkan pengertian yang dimaksud, yaitu pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hkumnya.

adapun beberapa pengertian pokok tentang filsafat menurut kalangan filosof adalah :
1.Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang
seluruh realitas.
2.Upaya untuk melukiskan hakikat realitas akhir dan dasar serta nyatas.
3.Upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuan : sumbernya,
hakikatnya, ke absahannya, dan nilainya.
4.Penyelidikan kritis atas pengandaian-pengadaian dan pernyataan-pernyataan yang
diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan.
5.Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu anda melihat apa yang anda katakan dan
untuk mengatakan apa yang ada lihat.

Pengertian filsafatb secara terminologi sangat beragam, baik dalam ungkapan maupun titik tekannya. Bahkan, Moh. Hatta dan Langeveld mengatakan bahwa definisi filsafat tidak perlu diberikan karena setiap orang memiliki titik tekan sendiri dalam definisinya. Oleh karena itu, di sini biarkan saja seseorang meneliti filsafat terlebih dahulu kemudian menyimpulkannya.

Pendapat ini ada benarnya, sebab intisari berfilsafat itu terdapat dalam pembahasan bukan pada definisi. Namun definisi filsafat untuk dijadikan patokan awal diperlukan untuk memberi ara dan cakupan objek yang dibahas, terutama yang terkait dengan filsafat ilmu.



0 comments:

Post a Comment

google translator
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified